Sunday, September 11, 2016

Resiko dan Kerugian Root Android yang Wajib Anda Tahu


Bagi anda yang sudah lama menggunakan perangkat Android pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya root. Ya, root sendiri merupakan suatu proses yang dilakukan agar pengguna Android bisa mendapatkan kontrol dan akses penuh terhadap perangkat yang ia gunakan.
Jadi dengan melakukan root, kita bisa melakukan apapun terhadap perangkat Android yang kita miliki mulai dari menambahkan fitur di dalamnya sampai dengan memodifikasi tampilan. Namun hal tersebut bukan tanpa resiko sama sekali. Justru root ini sangat berbahaya, utamanya bagi para pengguna Android pemula. Oleh sebab itu produsen smartphone tidak membuka akses root karena dikawatirkan justru akan merusak sistem Android itu sendiri.
Root bisa diibaratkan sebagai pisau bermata dua, karena bisa memaksimalkan kinerja perangkat Android apabila digunakan dengan tepat, dan bisa juga merusak perangkat Android apabila digunakan sembarangan. Sebagai upaya antisipasi, ada beberapa hal mengenai resiko dan kerugian root Android yang wajib anda

ketahui.

1. Menghilangkan Garansi
Beberapa produsen smartphone mengeluarkan kebijakan terkait garansi produknya. Mayoritas produsen smartphone Android akan menghanguskan garansi saat produk yang diklaim sudah dalam keadaan root. Produsen menganggap bahwa kerusakan yang terjadi akibat root merupakan tanggungjawab dari pengguna itu sendiri. Jadi sebaiknya anda tidak melakukan root saat smartphone masih dalam keadaan garansi, kecuali anda sudah siap dengan semua resikonya.

2. Rentan Virus atau Malware
Root sendiri bisa diibaratkan sebagai membuka gerbang sebuah pintu. Saat pintu terbuka, tak hanya pengguna saja yang bisa masuk ke sistem dengan mudah, namun malware atau virus juga akan lebih mudah masuk dan menyerang sistem. Jadi bagi anda yang tak ingin smartphone Androidnya mudah terserang virus, sebaiknya hindari root. Biasanya virus masuk ke Android melalui jalan aplikasi yang tidak trusted.


3. Merusak Sistem
Bagi anda pengguna Android pemula yang ingin mencoba root sebaiknya berhati-hati. Pasalnya jika root tersebut gagal atau tidak berhasil 100 persen, justru akan merusak sistem Android itu sendiri, sehingga menyebabkan smartphone mengalami berbagai masalah seperti bootloop atau bahkan mati total.




4. Menurunnya Performa
Perlu anda ketahui bahwa smartphone yang sudah diroot lama kelamaan performanya akan menurun. Hal tersebut disebabkan karena kinerja smartphone yang terus-terusan dipaksa melebihan batas kemampuannya. Bukan mustahil smartphone yang diroot akan menjadi lebih cepat rusak dibanding dengan smartphone Android yang tidak diroot. Oleh sebab itu pikirkan baik-baik resiko sebelum anda memutuskan untuk root Android.

Itulah beberapa kerugian dan dampak Root Android anda , semoga bermanfaat .

1 comments:

  1. oh jadi tahu ini min.. andorid emang populer tapi dia juga ada negatifnya
    solder uap

    ReplyDelete