Thursday, September 22, 2016

Fungsi Port Komputer Bagian Belakang

 

Komputer atau desktop memiliki bentuk kotak dengan banyak lubang – lubang atau tempat colokan di bagian depan dan di bagian belakang. Nah, colokan – colokan tersebut biasa disebut port.
Port komputer
Semua port tersebut berhubungan langsung dengan motherboard yang ada di bagian dalam komputer. masing – masing port memiliki fungsinya sendiri – sendiri. beberapa port bisa tukar pasang satu sama lain tetapi ada juga port yang tidak bisa ditukar satu sama lain. Jika pemasangan peripheralnya terbalik pada port yang salah maka otomatis peripheral tersebut tidak dapat digunakan. Contoh ingin memasang keyboard ps2 tetapi memasang salah pada port ps2nya mouse maka keyboard tersebut tidak mungkin bisa digunakan dan berlakuk juga sebaliknya.
Ada pula port yang bisa ditukar satu sama lain seperti port usb. Contoh saya ingin menancapkan flashdisk pada port usb yang terletak di bagian belakang padahal saya biasanya menancapkan flashdisk pada port usb pada bagian depan komputer maka tidak akan terjadi masalah flashdisk saya masih bisa berfungsi secara normal.
Nah, oleh karena itu penting kiranya bagi para pengguna komputer untuk mengetahui jenis port dan fungsi port bagian belakang komputer tidak harus memanggil tukang service komputer ketika kabel salah satu peripheral copot dan anda tidak berani memasangnya kembali.
Berikut jenis – jenis port pada bagian belakang komputer:
  1. Port PS/2


Pada sebuah komputer umunya terdapat dua jenis port PS/2 yaitu port PS/2 keyboard dan port PS/2 mouse. Seperti yang sudah disinggung di atas kedua port pada bagian belakang komputer ini tidak bisa ditukar satu sama lain. Bentuk fisik dari kedua port ini memang sama namun fungsinya berbeda. Port PS/2 keyboard biasanya berwarna ungu sedangkan untuk port PS/2 mouse berwarna hijau. Atau jika anda kesulitan membedakanya, lihatlah lebih detail pada sisi samping port tersebut, disana ada gambar untuk masing – masing peripheral. Anda bisa memasang mouse dan keyboard anda sesuai dengan gambar yang ada di samping portnya.
  1. Port USB


Port ini sudah tidak asing lagi bagi kita, karena hampir semua peripheral saat ini semuanya menggunakan port USB bahkan mouse dan keyboard USB lebih diminati ketimbang port USB. Selain mudah dan praktis, port ini juga sudah mendukung banyak peripheral. Port ini juga bisa ditukar pasang dengan berbagai peripheral, misal saya ingin menancapkan keyboard USB pada port yang biasanya saya gunakan untuk menancapkan flashdisk maka tidak ada masalah. Peripheral tersebut akan tetap berjalan secara normal sesuai dengan fungsinya.
  1. VGA video port
Port ini digunakan untuk mengeluarkan out put visual dari komputer ke monitor.

  1. Port network
Port network merupakan port yang digunakan untuk menghubungkan komputer dalam jaringan.

  1. Port audio
Port ini sangat penting bagi pecinta audio, tanpa adanya port ini komputer tidak mungkin dapat mengeluarkan suara. Terdapat tiga port line in, line out dan microphone. Line out merupakan tempat menancapnya jack speaker. Ketika memasang speaker ke port ini jangan sampai terbali dengan port yang lain karena kalau terbalik suara tidak mungkin akan keluar dari speaker.
 Baca Juga :  Pengertian Hardware Dan Fungsinya

1 comments: