Thursday, September 22, 2016

Jenis Jenis Komputer


 
 
 
 
 
 
 
Jenis jenis komputer terdapat beberapa macam, untuk membedakannya dapat dibagi berdasarkan klasifikasi komputer. Secara umum klasifikasi komputer terbagi dalam 3 kategori yaitu :

  1. Klasifikasi komputer berdasarkan Prinsip Operasional (Operasional principle).
  2. Klasifikasi komputer berdasarkan Daya Pengolahan (Processing power).
  3. Klasifikasi komputer berdasarkan Penggunaan Pribadi (Personal Computer).
Dari setiap klasifikasi atau pengelompokan memunculkan beberapa varian jenis jenis komputer. Untuk menggetahui varian/ jenis-jenis komputer tersebut kita bahas satu persatu.

Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Prinsip Operasional (Operasional principle)

1.Komputer Analog

Jenis Komputer ini digunakan untuk menerima sinyal analog, berfungsi melakukan pengecekan data yg tidak berbentuk angka, karena data yg didapatkan adalah data yg bersifat gelombang. Jenis Komputer ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan. Contoh penggunaannya melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan pada kegiatan ilmiah.

2. Komputer Digital

Jenis komputer ini merupakan komputer kebanyakan yg kita kenal. Data yg diterimanya adalah data yg sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yg bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.

3. Komputer Hybrid

Jenis komputer ini  adalah penggabungan dari analog dan digital yg memiliki tugas melakukan pengendalian proses dengan konversi sinyal analog ke digital maupun sebaliknya.
Baca Juga Jenis Komputer Berdasarkan Pengolahan Daya ( Power )

0 comments:

Post a Comment