Saturday, September 17, 2016

Cara Cek HP Android Mendukung Virtual Reality Atau Tidak

 

Virtual reality adalah teknologi yang tengah digandrungi saat ini. Teknologi jenis ini biasa dijumpai pada smartphone yang telah mendukung sensor gyroscope. Ya, dengan bantuan perangkat VR atau Google Cardboard, kita bisa menikmati teknologi virtual reality.

Dewasa ini teknologi VR banyak disematkan pada game ataupun video. Di Youtube sendiri saat ini sudah disediakan beberapa konten video yang mendukung VR. Video tersebut bernama video 360. Di Playstore juga demikian, kita bisa dengan mudah menemukan aplikasi ataupun game VR yang keren dan layak untuk dicoba. Namun tetap saja, untuk bisa menikmati itu semua, smartphone kita harus sudah support VR.
Nah, permasalahannya adalah, kadang pengguna smartphone masih belum paham betul dengan spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone miliknya. Sehingga ia tidak tahu apakah smartphone miliknya sudah mendukung sensor gyrospoce atau belum. Jika belum, berarti anda tidak bisa menikmati konten VR.Jangan sampai anda membeli hetset VR, namun smartphone yang anda tidak mendukung VR. Tentunya hal tersebut akan sangat mubazir dan merugikan. Oleh sebab itu sebelum membeli hetset VR, sebaiknya cek dulu apakah smartphone anda support VR atau tidak. Berikut cara mudah untuk mengeceknya.
  1. Pertama-tama silahkan download aplikasi "EZE VR" di Play Store
  2. Setelah itu install aplikasi EZE VR yang telah didownload tadi di HP Android anda
  3. Apabila sudah, langsung buka aplikasinya dan tap tombol Check
  4. Tunggu beberapa saat, aplikasi akan mendeteksi apakah HP anda dilengkapi sensor gyro atau tidak
  5. Jika aplikasi mendeteksi keberadaan sensor gyro, akan muncul pesan “Fully Compatible” yang artinya HP Android anda dapat digunakan untuk menjalankan konten VR
  6. Namun jika muncul pesan “Not Compatible”, berarti HP Android anda tidak bisa digunakan untuk VR

1 comments: