Tuesday, September 20, 2016

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk Mudah


Harddisk adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah komputer ataupun laptop. Harddisk sendiri berfungsi untuk menyimpan semua data komputer mulai dari data sistem operasi, file multimedia, aplikasi, dokumen, dan beberapa jenis file lainnya.

Selain punya peran yang sangat penting, harddisk juga termasuk salah satu komponen yang rawan rusak. Banyak kasus kerusakan komputer terjadi pada komponen yang satu ini. Penyebabnya sangat bermacam-macam, mulai dari suhu atau tegangan komputer yang tidak stabil, komputer sering mengalami goncangan, sampai dengan seringnya dilakukan format dan install ulang sistem operasi di komputer. Dan salah satu jenis kerusakan yang sering dialami oleh harddisk adalah bad sector.
Perlu anda ketahui bahwa kerusakan bad sector pada harddisk itu ada dua macam. Yang pertama adalah hard bad sector, dan yang kedua adalah soft bad sector. Hard bad sector disebabkan karena kerusakan fisik pada harddisk yang sifatnya permanen dan sangat sulit untuk diperbaiki.Cara Memperbaiki Bad Sector pada Hardisk
Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk
Sedangkan soft bad sector adalah kerusakan halus pada harddisk yang masih bisa diperbaiki dengan menggunakan bantuan software komputer. Berikut beberapa langkah yang bisa anda terapkan untuk memperbaiki harddisk soft bad sector dengan cepat, mudah, dan juga praktis.
  1. Pertama-tama silahkan buka Windows Explorer atau My Computer
  2. Setelah itu Klik kanan pada partisi disk yang ingin dicek
  3. Pada menu Properties, pilih tab Tools
  4. Klik Check Now pada bagian Error Checking
  5. Centang semua opsi yang disediakan, lalu klik Start
  6. Tunggu sampai proses pengecekan selesai dan komputer akan restart
Perlu anda perhatikan bahwa saat melakukan pengecekan harddisk, diperlukan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu sebaiknya anda melakukan trik tadi pada saat komputer sedang tidak terpakai. Selain menggunkaan cara tadi, anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi bad sector. Berikut daftar aplikasinya.
1. Bad Sector Repair
Aplikasi pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bad sector pada harddisk adalah Bad Sector Repair. Aplikasi yang satu ini terbukti ampuh mengatasi masalah bad sector pada hardisk. Saking ampuhnya, banyak teknisi komputer yang memilih menggunakan aplikasi bernama Bad Sector Repair ini.
2. Hard Disk Drive Low Level Format Tool
Satu lagi aplikasi yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi bad sector harddisk yakni Hard Disk Drive Low Level Format Tool. Aplikasi ini akan membantu anda dalam memforma harddisk yang sedang mengalami bad sector sehingga kondisi seperti baru. Aplikasi ini cukup ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah pada harddisk.
Bagaimana, cukup mudah bukan? Dengan adanya info mengenai cara memperbaiki harddisk bad sector tadi diharapkan dapat membantu anda semua mengatasi permasalahan harddisk rusak, utamanya bad sector dengan mudah tanpa perlu harus dibawa ke tukang servis komputer.

0 comments:

Post a Comment