Thursday, October 6, 2016

Cara Mengirim File Lewat Gmail


Semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi menjadikan kita punya banyak pilihan media untuk mengirim file. Jaman sebelum teknologi berkembang, kita hanya bisa mengirim file fisik melalui jasa Pos saja. Namun saat ini kita bisa mengirim soft file dengan mudah menggunakan berbagai jaringan. Ada banyak jenis jaringan yang dapat kita gunakan untuk mengirim file mulai dari multimedia message alias MMS, bluetooth, wifi, hingga jaringan internet. Jaringan internet banyak digunakan oleh masyarakat karena lebih mudah dan praktis. Apalagi jika ingin mengirim file di tempat yang lokasinya berada jauh dari kita. Dengan bantuan email, kita bisa melampirkan file dan mengirimkannya ke orang lain via koneksi internet.
Perangkat yang digunakan untuk mengirim file via email pun juga sangat bermacam-macam, mulai dari komputer PC, laptop, tablet PC, hingga smartphone. Nah, kali ini akan dibahas informasi sederhana mengenai cara mengirim file lewat gmail di HP Android. Mungkin ada sebagian pengguna Android pemula yang belum tahu caranya.

Cara Mengirim File Lewat Gmail di Android
Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa hampir semua smartphone Android telah dibekali dengan aplikasi Gmail. Jika HP Android anda masih belum memiliki aplikasi Gmail, silahkan download terlebih dahulu di Play Store. Selain itu pastikan juga anda sudah memiliki akun Google dan sign-in melalui HP Android anda. Apabila sudah, lakukan langkah berikut.
  1. Pertama-tama silahkan buka aplikasi Gmail di HP Android anda
  2. Setelah itu tap ikon “+” yang ada di sebelah kanan bawah ikon amplop untuk mulai menulis email baru
  3. Selanjutnya isi semua form yang dimintai mulai dari alamat email penerima, subjek, dan juga isi
  4. Jika anda ingin melampirkan file, tap attach file lalu cari file yang hendak anda kirim
  5. Perlu anda tahu bahwa hanya beberapa format file tertentu saja seperti image, audio, dan video yang hanya bisa dikirim melalui aplikasi Gmail di Android
  6. Jika anda ingin melampirkan file jenis lain, maka anda memerlukan aplikasi tambahan seperti Es File Explorer
  7. Tap attach file, lalu pilih Es File Explorer
  8. Lanjut pilih file yang hendak anda kirim
  9. Setelah itu tap Normal Android Way pada Pick up file as
  10. Tunggu beberapa saat sampai file terlampir dan kita kembali ke menu compose email
  11. Apabila sudah, tap ikon panah yang ada di pojok kanan atas untuk mengirim
  12. Untuk melihat email sudah terkirim atau belum, silahkan tap Menu lalu pilih Outbox
  13. Apabila email sudah terkirim, tandanya terlihat di Outbox
Sangat mudah bukan? Dengan cara mengirim file lewat Gmail di Android tadi, anda bisa mengirim file dengan mudah, cepat, dan praktis tanpa harus menggunakan komputer PC atau laptop. Cukup manfaatkan perangkat Android dan anda bisa mengirim file via Gmail di manapun dan kapanpun.

Tutorial Video :

0 comments:

Post a Comment