Monday, October 3, 2016

Cara Menghindarkan Anak Dari Ketagihan Gadget

 Pada dasarnya sebuah perangkat gadget dibuat dengan segala kelebihan untuk memudahkan dan membantu pekerjaan manusia. Apabila pada mulanya suatu pekerjaan hanya bisa dikerjakan dengan menggunakan komputer di rumah saja, sekarang ini bisa dilakukan di luar rumah dengan lebih fleksibel dengan adanya perangkat gadget seperti smartphone atau tablet yang canggih.
Dengan begitu kita bisa melakukan apa saja dan di mana saja menggunakan perangkat tersebut. Adapun kemudahan dalam melakukan apa saja dengan menggunakan gadget tersebut terkadang memicu orang tua untuk ingin segera memperkenalkannya kepada anak, meskipun terkadang niatan tersebut baik, namun seiring berjalannya waktu apabila tanpa pengawasan yang serius bisa memberikan dampak negatif yang tidak di inginkan seperti bisa membuat anak kecanduan terhadap gadget. Itulah yang ingin kita coba hindarkan dalam Cara Menghindarkan Anak Dari Ketagihan Gadget ini.
Cara Menghindarkan Anak Dari Ketagihan Gadget? Banyak orang tua yang tidak menyadari akan hal tersebut dan justru menganggapnya biasa-biasa saja karena melihat jaman sekarang ini sudah sangat maju sehingga seorang anak menggunakan gadget merupakan hal yang wajar. Padahal kecanduan anak akan perangkat gadget tersebut bisa mengganggu kesehatan psikis dan fisik anak. Misalnya saja anak menjadi malas untuk mengerjakan sesuatu, anak menjadi tidak peka terhadap lingkungan disekitarnya, bahkan hingga bisa membuat anak malas untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

Cara Menghindarkan Anak Dari Ketagihan Gadget Yang Harus Dilakukan Oleh Orang Tua
  1. Mengajak Anak Bermain Di Luar Rumah


Cara Menghindarkan Anak Dari Ketagihan Gadget pertama, saat mengajak anak kita untuk bermain di luar rumah tanpa membawa gadget, tentu anak akan mulai terlupa dengan kebiasaannya bermain gadget dan bisa teralihkan dengan melakukan banyak hal di luar seperti bermain dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Kamu bisa mengajak anak untuk bermain bola di lapangan, bersepeda di sore hari, atau bisa juga dengan mengajaknya untuk melakukan aktivitas berkebun. Jadi selain kondisi fisik mereka akan lebih sehat juga mereka akan merasa senang dan gembira.
  1. Tetapkan Hari Bebas Gadget

Adapun ketetapan ini dibuat berdasarkan kesepakatan antara orang tua dan anak untuk Cara Menghindarkan Anak Dari Ketagihan Gadget. Jadi apabila pada minggu pertama untuk mengatasi anak yang sudah kecanduan dengan membuat ketetapan sehari atau dua hari tidak boleh memegang gadget, kemudian pada minggu berkutnya bisa ditambah apabila anak sudah mulai terbiasa dan mulai mengajak anak untuk mengisi waktu dengan aktivitas yang lebih menyenangkan selain bermain gadget.
  1. Berikan Kesibukan Yang Menarik Untuk Melatih Anak Belajar Tanggung Jawab


Masa anak-anak merupakan masa belajar dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Nah, untuk mengalihkan atau mengurangi waktu akan yang kecanduan bermain game, kita sebagai orang tua bisa melatih anak bertanggung jawab dengan memberinya tugas-tugas kecil yang bisa mereka lakukan. Misalnya Cara Menghindarkan Anak Dari Ketagihan Gadget yaitu memberikan tugas untuk merawat dan menyirami bunga setiap hari, memberi makan kelinci kesayangan mereka dan sebagainya sehingga mereka memiliki tanggung jawab yang harus dilakukan dan pastinya seidikit demi sedikit kebiasaan bermain atau menggunakan gadget akan mulai tergantikan dengan aktivitas yang lebih bermanfaat.

  1. Mengajak Anak Untuk Bersosialisasi Dengan Teman Dan Lingkungan




Mengajak bersosialisasi dengan teman-temannya merupakan cara menghindarkan anak dari ketagihan gadget yang paling efektif. Karena seorang anak akan cenderung lebih nyaman bermain dan berinteraksi dengan anak seusianya ketimbang bermain gadget. Mereka bisa bermain, belajar atau sekedar saling bercerita merupakan hal menarik yang bisa dilakukan saat mereka berkumpul dengan teman seusianya. Dengan begitu anak akan mulai meninggalkan kecanduan gadget dengan sendirinya.
  1. Memberinya hadiah Atas Apa Yang Sudah Dilakukan

Apabila kita sudah membuat kesepakatan-kesepakatan dengan anak dalam upaya cara menghindarkan anak dari ketagihan gadget, maka untuk membuat anak senang atau membuat anak lebih termotivasi untuk bisa terlepas dari kecanduan gadget maka kita sebagai orang tua sebaiknya memberinya hadiah atau reward atas upaya yang telah mereka lakukan. Hadiah tersebut bisa dengan membelikannya mainan seperti bola, boneka atau permainan LEGO, sehingga diharapkan hadiah permainan tersebut bisa mengalihkan anak dari kebiasaan bermain game yang bisa dengan mudah di unduh di Play Store.
  1. Jadilah Panutan Yang Baik Untuk Anak
Hal yang jarang kita sadari adalah, seorang anak selalu meniru kebiasaan orang tuanya. Ini adalah Cara Menghindarkan Anak Dari Ketagihan Gadget paling ampuh. Apabila seorang anak melihat orang tuanya selalu menggunakan dan memegang gadget maka secara otomatis anak kita akan menirunya. Jadi upayakan sebagai orang tua yang bijak, gunakan gadget seperlunya saja, jangan sampai saat kita di ajak berkomunikasi dengan anak malah kita asyik sendiri dengan gadget yang kita miliki. Tentu itu bukan merupakan contoh yang baik sebagai orang tua.
  1. Jangan Memberikan Anak Gadget Sebelum Waktunya
Banyak orang tua yang sudah membelikan anaknya perangkat gadget dengan tujuan agar anaknya bisa bermain sendiri dan tidak rewel saat di rumah. Padahal, hal tersebut merupakan cara yang salah apalagi jika anak kita masih kecil dan belum waktunya untuk menggunakan gadget tersebut. Justru yang akan terjadi anak akan menjadi ketagihan sehingga akan sulit terlepas dari kebiasaan menggunakan gadget.
  1. Perbanyak Waktu Untuk Berkomunikasi Dengan Anak

 
Terkadang kita lupa bahwa berkomunikasi dengan anak itu sangatlah penting, apabila mengalami masalah sebaiknya disampaikan secara langsung untuk bisa menemukan solusi yang tepat. Begitu juga apabila mengetahui anak kita mulai kecanduan gadget, kita bisa terus berkomunikasi dan menjelaskan bahaya atau efek negatif kepada anak, sehingga akan kita juga akan mengerti dan mulai bisa meninggalkan kebiasaan tersebut secara perlahan. Oleh karena itu berkomunikasi yang baik dengan anak merupakan hal terpenting dan utama cara menghindarkan anak dari ketagihan gadget.
  1. Mendorong Anak Untuk Lebih Aktif Dalam Hobinya
Kita sebagai orang tua juga harus mengenali dan mengerti apa yang menjadi hobi atau minat anak. Apabila anak kita gemar menari, maka kita bisa mengikutkannya ke sanggar tari sesuai dengan hobinya. Atau anak kita senang bermain bola, maka kita bisa mendaftarkannya ke klub bola agar waktu yang dimiliki anak bisa digunakan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat sekaligus menyalurkan hobi anak.
  1. Meluangkan Waktu Bersama Anak 


Cara menghindarkan anak dari ketagihan gadget yang terakhir adalah dengan meluangkan waktu bersama anak. Terkadang banyak orang tua terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu bersama-sama dengan buah hati, alhasil anak mereka lebih senang bermain dengan gadget daripada menghabiskan waktu bersama orang tua. Ini merupakan hal mendasar yang harus kita ubah, kita harus mulai mencoba meluangkan waktu bersama anak dan melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk menghilangkan kecanduan anak terhadap gadget. Bisa dengan membacakan buku cerita, mengajaknya untuk memasak dan lain-lain.


Itulah beberapa cara untuk menghindarkan anak dari Gadget , Semoga bermanfaat :D

0 comments:

Post a Comment